+23
Chat Konsultan Hukum
tata-cara-pembuatan-peraturan-perusahaan

Jangan Keliru dan Hindari Sanksi, Ini Tata Cara Pembuatan Peraturan Perusahaan

Setiap perusahaan tentu saja memiliki peraturan perusahaannya sendiri hal ini juga mencangkup contoh peraturan perusahaan cv, hak dan kewajiban serta lainnya. Pembuatan peraturan perusahaan sendiri sebenarnya bukan tanpa alasan. Ada sejumlah tata cara pembuatan peraturan perusahaan yang sebagaimana sudah diatur. Berikut beberapa langkah dalam pembuatan peraturan perusahaan diantaranya:

Mempelajari Undang – Undang Ketenagakerjaan

Pada saat akan menyusun peraturan perusahaan maka hal utama adalah harus mempelajari undang – undang ketenagakerjaan. Pasalnya peraturan yang nantinya dibuat harus sesuai dengan UU yang berlaku yang kemudian diimplementasikan dengan peraturan yang dibuat. 

Mengkaji Peraturan Perusahaan Sebelumnya

Jika ternyata sudah ada peraturan perusahaan sebelumnya, maka Anda bisa mengkaji ulang. Karena bisa jadi peraturan yang sebelumnya ada beberapa point yang masih bisa diterapkan pada peraturan perusahaan yang baru. Namun pastikan peraturan yang sebelumnya harus tetap sesuai dengan UU ketenagakerjaan yang telah disusun sebelumnya. 

Konsekuensi Peraturan Yang Muncul

Dalam tata cara pembuatan peraturan perusahaan tentu saja konsekuensi yang ada di dalamnya. Harus mempertimbangkan dampak positif dan negatif ketika akan diimplementasikan pada perusahaan. Jika lebih banyak konsekuensi positif maka tak ada salahnya untuk melanjutkan pembuatan peraturan tersebut. 

Memahami Hak dan Kewajiban

Salah satu isi dari peraturan perusahaan yang wajib adalah hak dan kewajiban karyawan dan perusahaan. Hal ini dilakukan sebagai cara untuk meminimalisir konflik baik pada saat peraturan perusahaan dibuat hingga diterapkan. 

Masa Berlaku Peraturan Perusahaan

Masa berlakunya peraturan perusahaan harus dilakukan agar perusahaan mengetahui sampai kapan peraturan ini akan berlaku serta kapan waktunya peraturan ini akan diperbarui. Dan idealnya, peraturan wajib dijalankan 2 tahun atau lebih atau tergantung kebijakan perusahaan. 

Mempertimbangkan Aspek Redaksional 

Ada beberapa aspek redaksional yang harus diperhatikan pada saat melakukan tata cara pembuatan peraturan perusahaan nantinya. Beberapa aspek ini adalah kata, serta bahasa. Sebisa mungkin gunakan kata yang mudah dipahami oleh setiap elemen perusahaan. 

Menyusun Draft Peraturan Perusahaan

Setelah semua poin tata cara pembuatan peraturan perusahaan diatas, maka tahapan selanjutnya adalah membuat draft. Draft peraturan perusahaan sendiri haruslah berisikan poin penting mengenai peraturan yang nantinya akan berlaku. Setelahnya dilanjutkan untuk diserahkan ke serikat pekerja untuk dipelajari. 

Serahkan Draf Ke Menteri Ketenagakerjaan Untuk Disetujui

Jika drart terdapat revisi dan sudah selesai dilakukan barulah setelahnya Anda bisa menyerahkan draft peraturan perusahaan ke Menteri Ketenagakerjaan agar bisa disetujui. Akan memakan waktu 14 hari kerja, namun dalam kurun waktu itu tidak mendapatkan saran, maka serahkan ke Dinas Ketenagakerjaan di segera diproses.Nah itulah tata cara pembuatan peraturan perusahaan hingga proses penyerahan draft ke Dinas Ketenagakerjaan hingga akhirnya diproses untuk selanjutnya tinggal menunggu pemutusan diterima. Memang membutuhkan banyak waktu dan pertimbangan dalam pembuatan peraturan perusahaan untuk menghindari hal – hal yang tak diinginkan. 

Baca Juga: Bingung Memilih Jasa Pembuatan Peraturan Perusahaan, Ikuti Tips Dan Element Pentingnya


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.



+23
Chat Konsultan Hukum