+23
Chat Konsultan Hukum

Wujudkan Ide, Lindungi Karya, Dapatkan Manfaat Ekonomi

Bicara soal Ekonomi Kreatif tidak bisa terlepas dari perlindungan atas Hak Kekayaan Intelektual (“HKI”). HKI adalah hak atas kekayaan yang timbul dari proses kemampuan intelektual manusia. Proses intelektual manusia ini dapat menghasilkan berbagai ide dan diwujudkan dalam berbagai bentuk karya, baik film, musik, desain dan subsektor lainnya dalam Industri Kreatif.

Mengutip dari laman www.bekraf.go.id, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (BEKRAF RI) Triawan Munaf mengatakan “HKI merupakan jantung ekonomi kreatif dan pondasi dari industri kreatif”.

Disampaikan pula oleh Ari Juliano Gema, Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi BEKRAF RI, “Inti dari ekonomi kreatif adalah Hak Kekayaan Intelektual, karena ekonomi kreatif itu modalnya adalah ide. Dia tidak seperti ekonomi lain yang mengandalkan fisik, tangible (nyata). Jadi dalam ekonomi kreatif itu modalnya adalah ide yang dilindungi kemudian jadi HKI.”

Setidaknya ada 6 jenis HKI yang perlu dipahami, yaitu merek, paten, hak cipta, desain industri, rahasia dagang, dan desain tata letak sirkuit terpadu. Untuk mendapat perlindungan hukum, hak cipta dan rahasia dagang tidak perlu adanya pendaftaran.

Dengan adanya perlindungan HKI atas suatu produk, maka Produk ekonomi kreatif memiliki nilai tambah, salah satunya daya saing yang lebih tinggi dibandingkan produk komoditas. Selain itu Produk ekonomi kreatif lebih mudah dikenali konsumen dan mendapat perlindungan hukum dari peniruan tanpa izin dan hak.

Oleh karena itu penting bagi para wirausaha untuk memberikan perlindungan HKI bagi bisnisnya, agar dapat dikelola untuk mendapatkan ekonomi yang optimal, scaling up taraf hidupnya atau kegiatan ekonominya menjadi meningkat. Pendaftaran HKI adalah investasi jangka panjang. sehingga sebaiknya ditempatkan pada pos investasi bukan beban atau biaya.

Segera hubungi Advokat dan Konsultan HKI untuk mendampingi dalam pengurusan HKI atas ide dan karyamu agar sejak awal tidak hanya memberikan nilai tambah tapi juga aman secara hukum dan tidak terusik praktik pembajakan. Pemilihan perlindungan HKI yang tepat akan memberikan nilai tambah ekonomi pada bisnis anda.



+23
Chat Konsultan Hukum