+23
Chat Konsultan Hukum

3 Cara Mengurus Surat Cerai Online

Kini, mengurus surat cerai tak hanya bisa dengan cara konvensional yang harus masuk ke proses pengadilan. Namun, sekarang Anda bisa mengurusnya dengan cara online sehingga tidak perlu bolak-balik ke pengadilan. Lalu, bagaimana cara mengurus surat cerai online itu? Simak di bawah ini:

Membuat Akun  E-Litigation di E-Court

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun e-Litigation di E-court terlebih dahulu. Akun ini nanti yang akan digunakan untuk mengurus surat cerai secara online tanpa harus pergi ke pengadilan.

Akun ini juga yang akan membantu Anda untuk mengecek besaran biaya, bagaimana prosedurnya, dan lain sebagainya. Semua informasi yang telah dicantumkan pada e-litigation sangatlah lengkap sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai berbagai hal dalam proses perceraian online ini. Sebab, jika Anda menggunakan cara ini semuanya transparan dan bisa dipercaya.

Melakukan Sidang Tatap Muka

Setelah memiliki akun, semua orang yang mendaftarkan cerai maka harus melakukan sidang secara tatap muka terlebih dahulu. Anda harus melakukan sidang pertama untuk melakukan penyerahan dokumen. Setelah itu akan dilakukan mediasi agar pasangan bisa diharapkan rujuk kembali. 

Tetapi, jika pasangan tetap bersikeras untuk bercerai maka tentunya harus dilakukan untuk sidang yang berikutnya. Berikutnya harus melakukan sidang secara tatap muka kembali untuk menyetujui melakukan sidang secara online.

Nantinya pihak tergugat yang belum memiliki akun harus membuat akun terlebih dahulu. Untuk prosesnya akan dibantu oleh pihak pengadilan sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai bagaimana caranya.

Melakukan Sidang Daring

Cara mengurus surat cerai online yang selanjutnya dilakukan secara daring atau online. Untuk melakukan sidang secara daring, keduanya harus online baik melalui HP atau komputer di rumah masing-masing sesuai dengan jadwal.

Pada sidang ini akan dilakukan berbagai tahapan sidang seperti pada saat sidang secara offline. Akan tetapi, yang membedakannya adalah dilakukan pertemuan tanpa tatap muka oleh pasangan yang akan bercerai dan juga dari pihak pengadilan.

Nantinya, pihak pengadilan akan melakukan pembacaan hasil mengenai sidang tersebut dan memutuskan akan mengabulkan atau tidak.

Surat Putusan Bisa Diunduh oleh Kedua Belah Pihak

Setelah surat putusan selesai diresmikan oleh pihak pengadilan, maka dapat langsung diunduh oleh penggugat maupun tergugat. Mereka semua tinggal mengunduh berkas surat perceraian untuk disimpan sebagai salah satu dokumen penting.

Baca Juga: 6 Keuntungan Mengurus Surat Cerai Online

Menggunakan Layanan Online Justika untuk Mengurus Surat Cerai Online

Seiring dengan revolusi industri 4.0, berbagai layanan hukum online bermunculan untuk memudahkan anda dalam mengurus surat cerai. Salah satu perusahaan yang menyediakan bantuan Surat Cerai Online adalah Justika.

Berikut merupakan langkah yang dapat anda lakukan dengan menggunakan layanan di Justika untuk mengurus surat cerai secara online:

  1. Membuat Surat Gugatan Cerai di Justika secara online dengan mempercayakan konsultan hukum profesional yang telah berpengalaman dalam bidang ini.
  2. Konsultasi via Chat untuk menjelaskan situasi permasalahan pernikahan anda atau gunakan layanan Konsultasi via Telepon atau Konsultasi Tatap Muka jika anda ingin konsultasi lebih mendalam. 
  3. Setelah melakukan konsultasi, anda dapat memberikan kuasa hukum pada konsultan hukum di Justika untuk mengurus dan mendatangi sidang perceraian anda.

Semoga dengan penjelasan di atas, permasalahan keluarga Anda dapat diselesaikan dengan baik.

Semua dokumen harus benar-benar disimpan dengan baik. Karena mungkin saja nantinya dibutuhkan untuk mengurus berbagai hal yang penting.

Itulah beberapa cara mengurus surat cerai online yang bisa Anda lakukan untuk mengakhiri masa pernikahan. Dengan cara ini, Anda dapat melakukannya sendiri maupun didampingi dengan pengacara. Semoga informasi di atas dapat memberikan kemudahan untuk Anda dalam menghadapi perpisahan ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.



+23
Chat Konsultan Hukum