+23
Chat Konsultan Hukum

3 Syarat Mengurus Surat Cerai yang Paling Penting

Pernikahan memang bukanlah akhir dari seluruh permasalahan di dunia ini, malah menjadi awal suatu permasalahan itu sendiri. Akan tetapi, yang namanya permasalahan mungkin bisa jadi sangat berat sehingga menimbulkan keinginan untuk berpisah. Jika Anda ingin melakukannya, simak dahulu syarat mengurus surat cerai yang akan dijelaskan di bawah ini:

Dokumen Utama yang Harus Dipersiapkan

Pertama, Anda harus menyiapkan dokumen utama sebagai syarat mengurus surat cerai itu sendiri. Dokumen yang harus dipersiapkan juga cukup banyak tetapi sebenarnya mudah untuk didapatkan. Anda perlu menyiapkan dokumen seperti KTP Anda dan juga pasangan.

Selain itu, Anda juga harus melampirkan surat nikah yang didapatkan dahulu pada saat setelah ijab kabul oleh pihak KUA. Setelah itu Anda juga harus melampirkan fotokopi kartu keluarga.

Tak hanya itu saja, bagi Anda yang PNS juga harus melampirkan izin cerai dari pihak atasan karena kaitannya adalah dengan peraturan ASN. Selain itu, Anda juga harus melampirkan surat keterangan dari kelurahan setempat mengenai kasus perceraian ini.

Dokumen untuk Menentukan Hak Asuh Anak

Yang namanya perceraian dan sudah memiliki anak tentunya akan sangat sulit menentukan siapa yang harusnya mengasuh. Walaupun status ibu dan ayah bagi anak masih sama akan tetapi tetap saja tidak bisa dilakukan secara bersama lagi.

Diperlukan perawatan oleh salah satu orang tua yang paling utama walaupun orang tua yang tidak mendapatkan hak asuh tetap harus memberikan kasih sayang kepada anak. Terkadang, hak asuh anak juga menjadi rebutan antara kedua belah pihak.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan syarat seperti akta kelahiran anak. Harus memiliki surat rekomendasi dari pihak dinas sosial, melampir Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), memiliki surat kesehatan dari dokter, dan juga harus merawat anak minimal selama 6 bulan.

Dokumen untuk Harta Gono-Gini

Berikutnya, untuk mengurus harta bersama atau harta gono gini antara suami dan istri juga harus menggunakan syarat dokumen yang lengkap. Ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan antara lain yaitu KTP asli dari penggugat beserta dengan fotokopinya.

Kemudian, Anda juga harus melampirkan akta cerai asli dan juga salinannya. Ada surat gugatan harta gono-gini, melampirkan kartu keluarga yang asli dan juga fotokopinya.

Untuk mengurusnya, Anda juga harus memiliki surat pengantar yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah setempat baik itu desa atau kelurahan. Terakhir, Anda harus membayar biaya untuk pengurusan perkara yang Anda ajukan itu sendiri.

Nah itu dia beberapa syarat mengurus surat cerai yang harus Anda ketahui sebelum melakukan prosesi perceraian di pengadilan. Sebelumnya, Anda harus mempersiapkan syarat-syarat tersebut. Jika ada, sertakan saksi dan jika Anda bingung gunakan jasa pengacara yang bisa diandalkan.

Baca Juga: Pentingnya Menyiapkan Syarat Urus Surat Cerai

Konsultasi Pengacara Perceraian melalui Justika

Butuhnya waktu yang tidak sebentar serta banyaknya persyaratan dokumen yang harus dipenuhi membuat tidak sedikit orang-orang menggunakan jasa pengacara profesional dan terpercaya untuk mengurus surat cerai hingga proses perceraiannya. Namun, tidak semua orang memiliki biaya untuk melakukan hal tersebut.

Untuk memudahkan andamendapatkan gambaran biaya jasa pengacara untuk memproses kasus perceraian, anda dapat mengkonsultasikan hal tersebut via Justika secara online dengan mudah dan terjangkau. Anda cukup melakukan langkah berikut:

  1. Masuk ke layanan Konsultasi via Chat Justika
  2. Ceritakan pertanyaan tentang biaya perceraian di kolom chat
  3. Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia
  4. Dan, dalam 5 menit sistem akan mencarikan konsultan hukum profesional yang mengetahui jawaban pertanyaan anda
  5. Selanjutnya konsultan hukum akan memberikan jawaban dan gambaran biaya perceraian

Dengan begitu, anda dapat menentukan apakah anda mau menggunakan pengacara atau mengurusnya sendiri. Di dalam layanan chat tersebut pun anda dapat meminta saran dari konsultan hukum profesional.

Atau jika anda telah mengetahui gambaran biaya pengacara dan anda hanya butuh layanan untuk membuat surat gugatan cerai, Justika juga menyediakan layanan tersebut. Cara mengaksesnya adalah

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai Justika
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu proses pembuatan surat gugatan cerai anda

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah ini.



+23
Chat Konsultan Hukum