+23
Chat Konsultan Hukum

Berapa Biaya Urus Surat Cerai Tanpa Sidang? Cari Tahu Agar Lebih Mudah

Berapakah biaya urus surat cerai tanpa sidang? Seperti yang sudah diketahui, melakukan pengurusan perceraian di persidangan baik pengadilan agama maupun negeri bukanlah merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang. Hanya saja, ketika anda dan pasangan sudah tidak bisa tinggal bersama-sama lagi dalam ikatan pernikahan, pasti anda akan menghadapi masalah ini. 

Terlebih lagi apabila anda menginginkan hak atas harta selama pernikahan maupun hak asuh anak. Maka tidak bisa dihindari, anda wajib untuk pergi ke pengadilan untuk melakukan proses perceraian dan menemukan titik penyelesaian yang tepat. 

Biaya dan Cara Mengurus Surat Cerai Tanpa Sidang

Yang sering menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orang yang akan melakukan perceraian adalah berapakah besarnya biaya yang harus dikeluarkan? Perlu diingat juga bahwa biaya urus surat cerai sendiri berbeda-beda dan tergantung dengan individu masing-masing. 

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, terdapat 2 pilihan yang harus digunakan yakni mengikuti proses persidangan dan akan mengganggu aktivitas sehari-hari, atau memberikan kuasa khusus secara penuh ke pengacara sehingga ada tidak perlu datang ke sidang. Apabila anda ingin mengurus surat tetapi tidak ingin mengganggu aktivitas, maka mengurusnya tanpa sidang bisa jadi pilihannya.

Tetapi perlu diingat bahwa anda harus menyiapkan dana tidak sedikit untuk memenuhi biaya urus surat cerai tanpa sidang tersebut. Adapun rincian biaya tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Biaya untuk Pengacara

Jika anda tidak ingin menghadiri sidang perceraian, maka bersiap-siaplah menyiapkan kocek lebih dalam untuk menyewa pengacara. Ini merupakan biaya paling besar apabila anda ingin bercerai tetapi tidak ingin datang ke persidangan.

Biasanya skema tarif untuk menyewa seorang pengacara dibedakan menjadi 2, yakni layanan per jam atau model pembayaran secara tunai. Adapun biaya untuk menyewa  pengacara sendiri berkisar mulai dari 10-60 juta.

2. Biaya Panjar Perkara

Masih ada jenis biaya dimana harus dikeluarkan yakni biaya panjar perkara. Biasanya jumlahnya akan tergantung dengan pengadilan manakah perceraian tersebut diajukan. Sebab tarif di pengadilan negeri dan agama berbeda-beda. 

Walaupun anda sudah ada pengacara, tetapi tidak ada salahnya buat selalu aktif terlibat. Adapun biaya panjar perkara biasanya tidak terlalu tinggi bahkan tidak lebih dari 100 ribu. Namun, anda juga wajib buat mengeceknya dahulu.

3. Penerbitan Akta Cerai

Biaya yang harus dikeluarkan terakhir adalah untuk menerbitkan akta cerai. Jika pengadilan sudah mengeluarkan putusan pada pengajuan perceraian, maka kasusnya bisa langsung dicatat oleh pihak catatan sipil. Dan pihak pengadilan akan langsung mengirimkan satu salinan ke catatan sipil. Putusan inilah yang mempunyai kekuatan hukum tetap. Melakukan perceraian tanpa sidang memang menjadi salah satu pilihan bagi sebagian besar orang. Walaupun sudah diwakili langsung oleh pihak pengacara, tetapi anda harus tetap mengetahui biaya urus surat cerai tanpa sidang secara rinci.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.



+23
Chat Konsultan Hukum