+23
Chat Konsultan Hukum
biaya-jasa-pengacara-perceraian

Biaya Jasa Pengacara Perceraian Tanpa Sidang

Biaya jasa pengacara perceraian kerap kali ditanyakan oleh pasangan yang ingin bercerai dengan cepat. Dengan menggunakan pengacara maka pasangan tidak perlu datang ke persidangan untuk mengurus surat cerai. Cara mengurus surat cerai tanpa sidang memang harus menggunakan jasa pengacara untuk mewakili pihak yang bersangkutan.

Biaya Sewa Jasa Pengacara Perceraian

Pasangan yang sudah tidak menemukan kecocokan dan mantap untuk bercerai biasanya tidak ingin menjalani proses cerai yang lama. Mulai dari proses mediasi hingga proses persidangan tentu akan memakan waktu yang cukup lama. Untuk menghindari hal tersebut biasanya pasangan yang akan bercerai lebih memilih untuk menggunakan jasa pengacara. 

Pengacara akan mewakili pihak yang bercerai. Selain menghadiri sidang pengacara akan menyiapkan dokumen serta berkas yang diperlukan untuk mengurus perceraian hingga diterbitkannya akta perceraian. Dengan menggunakan jasa pengacara untuk mewakili tentu proses perceraian bisa berjalan dengan cepat. 

Tanpa perlu adanya mediasi atau menghadiri sidang perceraian surat cerai atau akta cerai sudah bisa diterbitkan. Hal ini juga telah diatur dalam undang-undang pasangan yang mengajukan gugatan cerai tidak perlu menghadiri sidang perceraian dalam kondisi tertentu. 

Biaya jasa pengacara perceraian akan lebih mahal dibandingkan dengan mengurus perceraian sendiri. Ini karena ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pihak pengacara. Mulai dari pengurusan dokumen hingga proses keluarnya akta cerai nantinya.

Untuk biaya pengacaranya sendiri tergantung dari wilayah dan bisa berbeda untuk tiap pengacaranya. Range biaya jasa pengacara juga cukup jauh. Untuk di kota Jakarta saja misalnya biaya jasa pengacara bisa di kisaran 10 hingga 60 juta. 

Biaya tersebut biasanya telah mencakup semua mulai dari biaya sidang, biaya akomodasi, pengurusan berkas dan biaya lainnya. Anda hanya tinggal menunggu akta cerai diterbitkan. Cara pembayaran jasa pengacara ini juga tergantung kesepakatan. Ada yang dibayarkan bertahap ada juga lump sum. 

Selain biaya pengacara, saat mengurus perceraian akan ada biaya lainnya yang harus dipersiapkan. Pengacara akan memberikan berapa biaya yang harus dikeluarkan beserta dengan rinciannya. 

Menggunakan jasa pengacara memang dibutuhkan ketika Anda memutuskan untuk bercerai. Pengacara tersebut nantinya bisa membantu untuk mengurus hak asuh hingga harga gono-gini. Namun biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Artikel “Ingin Dapat Biaya Jasa Pengacara Perceraian Terjangkau? Begini 4 Cara Ampuhnya” bisa membantu menemukan pengacara yang sesuai kebutuhan Anda.

Biaya Lainnya Diluar Biaya Jasa Pengacara

Selain biaya jasa pengacara untuk mewakili pihak yang bersangkutan, ada biaya lain yang harus dibayarkan. Biaya yang harus dikeluarkan adalah biaya panjar perkara. Biaya panjar perkara ini sebaiknya Anda pastikan sendiri. Biasanya tidak lebih dari 100 ribu. Namun, kembali lagi sebaiknya Anda melakukan pencarian terlebih dulu untuk memastikan.

Selain biaya panjar perkara ada juga biaya akta cerai. Sebenarnya biaya akta cerai ini gratis atau tidak dipungut biaya apapun. Hanya saja terkadang beberapa orang membayar biaya akta cerai ini. Jadi, untuk Biaya jasa pengacara perceraian biasanya belum termasuk dengan biaya panjar perkara dan akta cerai.

Tanyakan Biaya Pengacara Tanpa Malu melalui Justika

Dengan menggunakan Justika, anda tidak perlu merasa malu atau tidak enak untuk bertanya berapa biaya pengacara perceraian. Selain itu, anda dapat langsung menanyakannya langsung ke pengacara tersebut via online tanpa perlu tatap muka.

1. Layanan Konsultasi Via Chat

Semua ini dapat anda lakukan menggunakan Layanan Konsultasi via Chat di Justika. Dengan layanan ini anda dapat menanyakan berapa biaya pengacara hingga bertanya detail biaya-biaya di luar dari jasa pengacara yang biasanya harus dikeluarkan saat mengurus perceraian, misal seperti biaya dokumen dan lain sebagainya.

Untuk berkonsultasi via chat di Justika caranya mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke layanan Konsultasi via Chat Justika
  2. Tuliskan pertanyaan anda tentang biaya perceraian di kolom chat
  3. Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia
  4. Dan, dalam 5 menit sistem akan mencarikan konsultan hukum profesional di bidang perceraian
  5. Selanjutnya konsultan hukum akan memberikan jawaban dan gambaran mengenai biaya perceraian

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui dan menentukan apakah Anda mau menggunakan pengacara atau mengurusnya sendiri. Di dalam layanan chat tersebut pun anda dapat meminta saran dan pendapat lain.

2. Layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai

Kemudian, jika Anda telah mengetahui gambaran biaya pengacara dan anda butuh layanan untuk membuat surat gugatan cerai, Justika juga menyediakan layanan tersebut. Cara menggunakannya sebagai berikut:

Empat langkah mudah menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai di Justika sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai dari web browser Anda
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu Anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu pembuatan surat gugatan cerai Anda
biaya-jasa-pengacara-perceraian-tanpa-sidang

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah ini.



+23
Chat Konsultan Hukum