+23
Chat Konsultan Hukum
biaya-pembuatan-surat-wasiat-di-notaris

Ingin Membuat Surat Wasiat? Ini Langkah – Langkahnya

Salah satu jenis pernyataan yang sering diberikan oleh keluarga kepada anggota keluarga yang lain untuk mengurusi tentang kepemilikan harta adalah surat wasiat. Nah, sebenarnya apa itu surat wasiat? Kapan waktu tepat membuat surat wasiat? Ketahui semua hal penting tentang surat wasiat dan langkah membuat surat wasiat di notaris yang bisa anda lakukan. 

Apa Itu Surat Wasiat?

Mungkin anda sudah sering sekali menemukan contoh surat wasiat sebelum meninggal yang ditinggalkan oleh anggota keluarga. Saat ini biaya pembuatan surat wasiat di notaris juga cukup terjangkau. Nah, sebenarnya apa itu surat wasiat? Sebenarnya surat wasiat adalah sebuah pernyataan sah yang diberikan oleh penulis yang bertindak sebagai pewasiat untuk mencalonkan orang –orang tertentu untuk mengurusi hartanya. 

Sebenarnya surat wasiat cukup penting untuk dibuat sebagai cara untuk memperjelas bagaimana kepemilikan harta nantinya setelah pewasiat meninggal. Fungsi surat wasiat juga memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya keributan di antara ahli waris. 

Dasar Hukum Pembuatan Surat Wasiat

Nah, jika anda sudah tahu bahwa surat wasiat memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya perebutan harta. Selanjutnya, bagaimana tentang dasar hukum dari pembuatan surat wasiat? Berdasarkan KUHP Pasal 957 Hibah Wasiat ditetapkan sebagai penetapan khusus untuk memberikan satu atau lebih kepemilikan atas barang kepada ahli waris. Barang – barang yang ditetapkan itu bisa terdiri atas berbagai jenis misalnya barang bergerak, barang tetap atau barang dengan hak pakai hasil sebagian.

Terdapat empat bentuk surat wasiat yang bisa anda berikan kepada ahli waris diantaranya wasiat olografis yang merupakan jenis surat wasiat yang ditulis tangan terlebih dahulu lalu dititipkan melalui jasa notaris. Jenis kedua, merupakan wasiat umum atau jenis surat wasiat yang diberikan melalui pembuatan akta secara umum dan dalam proses pembuatannya dilakukan di hadapan notaris. Hal ini sesuai dengan KUHPer pasal 938 – 939.

Ketiga, jenis surat wasiat yang memiliki sifat rahasia atau tertutup saat proses penyerahannya. Umumnya surat wasiat jenis ini setiap pewaris harus menandatangani penetapan surat wasiat. Hal ini sudah diatur dalam KUHPer pasal 940. Singkatnya, berdasarkan pasal 931 KUHPer sebuah surat wasiat hanya bisa dibuat dengan akta olografis atau tulisan tangan sendiri, umum dan tertutup. Anda bisa membuatnya ke notaris dan bertanya biaya pembuatan surat wasiat di notaris.

Nah, untuk jenis surat wasiat umum merupakan jenis surat wasiat dengan akta umum yang dibuat di hadapan notaris atau dua orang saksi sesuai dengan pasaal 938 – 939 KUHPer. Sedangkan penyerahan untuk surat wasiat tertutup harus disegel dan diserahkan kepada notaris serta dilakukan di hadapan empat orang saksi dengan tujuan pembuatan akta penjelasan atas surat wasiat tersebut. 

Sebenarnya jika berbicara ketentuan surat wasiat yang dibuat secara formil harus ditulis di hadapan notaris atau bisa juga dititipkan kepada notaris. Nah, ada beberapa ketentuan dimana sebuah surat wasiat dapat dibuat di bawah tangan atau lebih mudahnya ketentuan cara membuat surat wasiat tanpa notaris

Jenis – jenis ketentuan pembuatan surat wasiat di bawah tangan diantaranya ketika keadaan perang, para anggota perang atau angkatan bersenjata berada di medan perang. Seorang perwira perang dengan pangkat terendah letnan atau orang yang menduduki jabatan militer tertinggi dapat membuat surat wasiat yang didampingi oleh dua orang saksi. 

Ketentuan kedua sebuah surat wasiat dapat dibuat di bawah tangan yakni oleh orang yang berlayar di laut. Orang – orang yang berlayar di laut dapat membuat surat wasiat di hadapan nakhoda atau seorang mualim kapal. Namun jika tidak ada keduanya, dapat membuat surat wasiat di hadapan orang yang menjadi dua saksi. 

Ketiga, seseorang diperbolehkan membuat surat wasiat di bawah tangan apabila sedang berada di wilayah yang tidak diperbolehkan untuk berhubungan dengan dunia luar. Kasus yang mungkin saja terjadi misalnya sedang berada di wilayah dengan penyakit menular. Jadi, pewasiat dapat memberikan surat wasiat kepada ahli waris dengan dua orang saksi. Kasus ini juga bisa saja terjadi pada hal – hal tentang pemberontakan, gempa bumi atau hal –hal yang berhubungan dengan bencana alam lainnya. 

Prosedur Pembuatan Wasiat

Hal yang paling umum anda temukan ketika membuat surat wasiat yakni contoh surat wasiat rumah dan tanah. Nah, sebenarnya bagaimana prosedur pembuatan surat wasiat? Sebenarnya berdasarkan KUHPer Pasal 957 wasiat sesuai yang sudah dibahas sebelumnya merupakan sebuah penetapan khusus yang diberikan kepada orang – orang tertentu. Hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam pembuatan surat wasiat yakni ketika memberikan wasiat nantinya pemberian hibah baru bisa dilakukan ketika pemberi hibah meninggal dunia. 

Pedoman pembuatan surat wasiat sudah diatur dalam Buku ke-2 Bab XIII tentang surat wasiat pada KUHPer. Jika surat wasiat dibuat pada saat kedua orang tua masih hidup maka dibutuhkan persetujuan dari pasangan. Misalnya, ibu yang membuat wasiat masih memiliki suami maka saat membuat wasiat harus disertai dengan suami atau ayah dari ahli waris. 

Surat Wasiat Keturunan Campuran

Pada beberapa kasus sering terjadi pernikahan campuran. Nah, dalam kasus ini sebenarnya bagaimana cara membuat surat wasiat yang sah untuk ahli waris dari pernikahan beda kewarganegaraan? Masalah paling dasar dalam perkawinan campuran yakni membagi aset tak bergerak. Jika WNI meninggal sebelum membuat surat wasiat maka pasangan yang ditinggalkan dan anak hasil hubungan tersebut mendapatkan harta yang dibagi secara merata. Jadi, pasangan yang ditinggalkan akan mendapatkan 50% harta dan harus dibagikan merata kepada semua ahli waris. 

Penyebab Batalnya Surat Wasiat

Saat ini mungkin akan sangat mudah bagi anda menemukan contoh surat permohonan cek wasiat. Nah, sebenarnya hal apa saja yang dapat membatalkan wasiat? Sebuah surat wasiat bisa batal apabila calon penerima atau ahli waris dipersalahkan sesuai ketentuan hukum. Pengertian dipersalahkan dalam hal ini yakni ahli waris terlibat dalam tindak pidana pembunuhan, memfitnah atau melakukan kejahatan dan mendapatkan ancaman hukuman lima tahun penjara atau bisa juga hukuman yang lebih berat. 

Alasan kedua kenapa sebuah surat wasiat bisa batal apabila ahli waris tidak mengetahui keberadaan wasiat hingga pewasiat meninggal. Bisa juga disebabkan ketika ahli waris mengetahui adanya wasiat namun menolak untuk menerima wasiat jadi wasiat tersebut secara otomatis akan batal. Hal ketiga yang menyebabkan wasiat dibatalkan adalah ketika asset yang diwasiatkan musnah. Oleh sebab itu disarankan untuk membuat surat wasiat di notaris agar dapat berkonsultasi tentang wasiat.Selain dibatalkan, sebuah surat wasiat juga dapat dicabut oleh pewasiat jika ahli waris belum setuju atau sudah setuju kemudian menarik kembali. Proses pencabutan wasiat dapat dilakukan secara lisan dan memiliki dua orang saksi atau akta notaris. Jika tertarik, segera cari tahu biaya pembuatan surat wasiat di notaris.

Menggunakan Layanan Justika Untuk Pembuatan Surat Wasiat, Agar Sesuai Dengan Prosedur

Dengan menggunakan Justika, anda tidak perlu merasa khawatir akan terjadinya kesalahan dalam pembuatan surat wasiat. Memang sebaiknya jika Anda merasa awam terkait pembuatan surat wasiat, Anda disarankan untuk berkonsultasi atau menggunakan jasa konsultan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka layanan “Pembuatan Surat Wasiat
  2. Klik tombol “Buat Surat Wasiat”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu Anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu Pembuatan Surat Wasiat

Layanan Pembuatan Surat Wasiat di Justika

  • Dapatkan rancangan surat wasiat
  • Anda akan dipandu untuk membuat surat wasiat
  • Konsulltasi singkat dengan konsultan hukum Justika

Selain Pembuatan Surat Wasiat, Layanan Apa yang Terdapat di Justika?

Berkaitan dengan layanan Justika, selain pembuatan surat wasiat, Justika memiliki layanan hukum lain yang semua pemesanannya dapat dilakukan melalui online, seperti:

Layanan bisnis lainnya masih dalam proses pengembangan. Namun, apabila ada layanan hukum yang ingin Anda tanyakan. Anda bisa mengkonsultasikan hal tersebut dengan mitra advokat andal dan profesional Justika.

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini, kemudian ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Selain telepon dan chat, Anda juga dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.



+23
Chat Konsultan Hukum