+23
Chat Konsultan Hukum
cara-membuat-surat-wasiat-tanpa-notaris

Begini Tata Cara Membuat Surat Wasiat Tanpa Notaris

Masih banyak orang yang menganggap bahwa menuli surat wasiat tidaklah penting, apalagi ketika masih di usia produktif. Padahal, surat wasiat dibuat untuk menghindari perselisihan dalam pembagian harta warisan. Melalui surat wasiat, Anda bisa menjelaskan secara gamblang terkait harta warisan yang Anda miliki dan siapa saja yang berhak menerimanya. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui cara membuat surat wasiat tanpa notaris dengan benar, seperti yang akan dibahas berikut ini. 

Tentukan Apa Saja yang akan Dijadikan Wasiat 

Pertama-tama, Anda perlu menentukan apa saja yang akan dijadikan wasiat untuk ahli waris. Caranya dengan membuat daftar aset yang Anda miliki, seperti aset fisik maupun non-fisik. Bagi Anda yang sudah berumah tangga, menulis surat wasiat membutuhkan persetujuan dari suami/istri untuk pembagian harta bersama atau hara gono-gini. Namun, beda lagi kasusnya jika Anda mempunyai perjanjian pisah harta dengan pasangan. 

Tentukan Siapa yang Akan Menerima Aset Tersebut

Selain menentukan aset yang akan ditulis dalam surat wasiat, Anda perlu menentukan secara spesifik siapa saja yang akan menerima harta warisan tersebut. Jika Anda ingin menghibahkan sebagian harta kepada orang lain, maka Anda perlu mencantumkannya secara jelas dalam surat wasiat tersebut. 

Anda juga bisa menentukan ahli waris mana yang akan mendapatkan warisan dan seberapa banyak aset yang mereka terima. Selain itu, Anda dapat menyertakan persyaratan dalam mewariskan aset tersebut, misalnya Anda memberikan aset perusahaan untuk anak bungsu dengan persyaratan dia harus lulus kuliah terlebih dahulu. Jika ahli waris yang Anda miliki telah meninggal, maka cara membuat surat wasiat tanpa notaris harus menentukan pewaris kedua. 

Tentukan Siapa yang Berhak Mengasuh Anak

Kita tidak pernah tahu seberapa lama usia manusia. Sebab itu, semakin dini Anda menulis surat wasiat akan semakin bagus. Batas minimal untuk syarat sah pembuatan surat wasiat adalah 21 tahun. Nah, jika Anda masih memiliki anak di bawah umur ketika menulis surat wasiat, Anda bisa menentukan siapa saja yang berhak mengasuh anak Anda. Begitupun dengan perwalian legal untuk mengurus aset finansial dan material sebelum anak dewasa. 

Tulis Surat Wasiat Anda 

Setelah menentukan semua hal yang perlu dicantumkan dalam surat wasiat, maka Anda bisa langsung menulisnya di hadapan notaris maupun tanpa notaris. Jika Anda menulis surat wasiat sendiri, Anda tak perlu mengeluarkan biaya pembuatan surat wasiat di notaris. 

Untuk penulisan surat wasiat rahasia, Anda tak perlu menunjukkan isi surat tersebut kepada siapa pun. Bahkan, saat menitipkan surat wasiat kepada notaris untuk dibuatkan akta, Anda tak perlu menjelaskannya secara terperinci. Dengan kata lain, isi dari surat wasiat yang Anda buat terjamin keamanannya. Demikian tadi cara membuat surat wasiat tanpa notaris. Pastikan Anda menyimpan surat wasiat di tempat yang aman dan dapat ditemukan oleh ahli waris. 

Baca Juga:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.



+23
Chat Konsultan Hukum