+23
Chat Konsultan Hukum
biaya-jasa-pengacara-perceraian

Cara Urus Surat Cerai Online

Perceraian terus meningkat, mulai dari kalangan biasa hingga para selebriti. Bukan tanpa alasan, adanya gugatan cerai pasti telah dipikirkan secara matang. Sekarang, mengurus surat cerai tidak perlu datang ke pengadilan dan dapat dilakukan secara online. Namun, Anda perlu memahami bagaimana cara urus surat cerai online dengan benar. 

Menyiapkan Syarat Dokumen Penceraian

Sebelum mendaftar ataupun mengurus surat cerai secara online, Anda wajib memenuhi syarat dokumen yang dibutuhkan pengadilan. Syarat cerai ini harus terpenuhi sebelum diserahkan kepada Pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri. 

Persiapkan persyaratan dokumen, baik dari pihak maupun pihak suami yang menggugat. Dokumen tersebut berupa, surat nikah asli, fotokopi surat nikah, fotokopi KTP, fotokopi KK, dan menyertakan fotokopi akta kelahiran anak (jika telah memiliki anak).

Setiap lembar fotokopi wajib dilengkapi dengan legasir dan telah diberi materai. Selain itu, berkas diwajibkan masih berlaku dan terbaru. Anda juga perlu menyertakan Surat pengajuan Perceraian yang dibuat penggugat yang berisi identitas kedua pihak dan alasan dari perceraian. 

Perceraian tidak dapat terjadi tanpa adanya alasan yang mendasari. Artinya, agar proses perceraian berjalan lancar. Tentu, harus ada alasan yang mendukung gugatan tersebut diterima oleh pengadilan. Beberapa alasan perceraian yang tertulis dalam UU (Undang-undang) perkawinan, yaitu adanya kekerasan dalam rumah tangga, melakukan perbuatan zina, melakukan perjudian, dan alasan lainnya. 

Kendati demikian, proses perceraian bukan suatu hal yang dianggap sepele. Perlu mempersiapkan berbagai macam hal, mulai dari dokumen dan biaya perceraian yang cukup mahal. Prosesnya pun dapat berlangsung hingga enam bulan, baik melalui Pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri. Lalu, berdasarkan lagi pada berat kasusnya. 

Selain persyaratan, alasan perceraian dapat didukung dengan adanya saksi atau memberikan penguat bukti, seperti hasil visum jika melakukan KDRT. Cara mengurus surat cerai tanpa sidang dapat dilakukan secara online maupun tidak. Lalu, bagaimana cara urus surat cerai online?

Cara Mengurus Surat Cerai Secara Online

Pemerintah memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hendak mengajukan gugatan perceraian. Mengurus perceraian jauh lebih mudah, mulai dari proses pendaftaran hingga proses sidang. Selain itu, adanya langkah ini mengurangi padatnya kantor pengadilan yang semakin ramai. 

Anda dapat mengurus surat dan mendaftar melalui aplikasi online. Melalui aplikasi, yang mengajukan cerai bisa langsung mengisi identitas diri, mengunggah berkas gugatan perceraian, surat kuasa, dan segala macam persyaratan ke aplikasi. Setelah itu, Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank. Setelah membayar, Anda akan mendapatkan jadwal sidang perdana.

Pada sidang perdana, baik penggugat dan tergugat diberikan opsi untuk melakukan sidang selanjutnya secara online atau offline. Apabila sepakat dilakukan secara online, maka kedua pihak akan mendapat jadwal dan melaksanakan sidang selanjutnya secara online. 

Adanya aplikasi ini memudahkan setiap masyarakat, lebih cepat, dan efisien. Selain itu, menghemat waktu tanpa harus mengantri panjang dan meringankan biaya-biaya selama persidangan. Cara urus surat cerai online, dapat berjalan dengan baik apabila memenuhi persyaratan yang lengkap. 


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.



+23
Chat Konsultan Hukum