+23
Chat Konsultan Hukum
surat keterangan waris notaris

Ingin Membuat Surat Ahli Waris? Perhatikan Dulu Langkah & Tata Caranya!

Setelah mengetahui tentang surat pembagian warisan secara umum, kita akan membahas mengenai persyaratan dan langkah-langkah pembuatannya. Pada artikel, penulis akan menyediakan informasi yang lebih merinci mengenai cara membuat surat ahli waris, hingga contoh surat pernyataan ahli waris

Sebelum melanjut, mari kita merekap pengertian atau definisi dari surat ahli waris itu sendiri. Surat ahli waris merupakan surat yang berfungsi untuk membuktikan orang-orang yang terpilih menjadi ahli waris dan menerima seluruh mandat/harta/aset dari si pewaris. Tanpa surat ini, aset harta/kuasa pewaris tidak bisa diambil, sekalipun masih ada hubungan darah & hak dari orang tersebut. Namun, surat ini memiliki kekuatan hukum yang sah dan sangat penting.

Syarat–Syarat Yang Harus Diperhatikan Dalam Cara Membuat Surat Ahli Waris 

Sebelum kita membahas cara membuat surat ahli waris, ada baiknya Anda mempelajari sedikit tentang ketentuan yang harus dipenuhi dalam proses pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan:

  1. Mempersiapkan dokumen-dokumen administrasi
    • Dalam tahap persiapan, Anda perlu memastikan Anda memiliki fotocopy KTP, KK yang tercantum nama almarhum pewaris, surat kematian dari rumah sakit, surat keterangan penguburan, catatan sipil kematian, surat nikah, KTP istri dan anak bila ada, akta lahir seluruh ahli waris yang dimaksudkan pewaris. 
  2. Mempersiapkan surat pernyataan sebagai ahli waris
    • Dalam prosesnya, Anda perlu untuk membuat surat pernyataan dari sudut pandang ahli waris yang menyediakan kesediaannya.
  3. Meminta surat pengantar dari RT/RW sesuai domisili Anda
    • Anda harus memiliki surat pengantar dari RT/RW.

Kemudian, inilah syarat & ketentuan dokumennya yang lebih spesifik:

  • Surat permohonan 7 rangkap.
  • Foto kopi KTP, kartu keluarga beserta pewaris, buku nikah di kertas HVS ukuran A4. 
  • Mencantumkan keterangan silsilah keluarga asli.
  • Mencantumkan surat keterangan kematian asli dari rumah sakit. 
  • Menyertakan catatan sipil kematian.

Cara Membuat Surat Ahli Waris 

Surat ahli waris merupakan dokumen yang sah di mata hukum, dan sangat penting peranannya. Maka dari itu, sebisa mungkin dalam proses pembuatannya & legalitasnya tidak ada kekeliruan. Berikut cara membuat surat ahli waris: 

  1. Menyertakan identitas lengkap pewaris & para ahli waris. 
  2. Mencantumkan secara jelas aset/harta/kuasa/mandat apa yang diwariskan. 
  3. Mencantumkan dengan jelas tujuan warisan; misalnya untuk dihibahkan, diperjual-belikan, dsb. 
  4. Segala aset/harta/kuasa/mandat harus menjelaskan deskripsi dan informasi yang merinci. Misalnya jika seseorang ingin mewarisi sebuah rumah, surat ahli waris perlu untuk mencantumkan surat tanahnya, alamat lengkap, sertifikat hak milik, serta batasan-batasan wilayah. 

Demikianlah informasi mengenai langah-langkah dan cara membuat surat ahli waris yang perlu diperhatikan. Besar harapan penulis artikel ini dapat memberi manfaat. 


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.



+23
Chat Konsultan Hukum