+23
Chat Konsultan Hukum
inilah-5-cara-mengurus-perceraian-sendiri-tanpa-pengacara

Inilah 5 Cara Mengurus Perceraian Sendiri Tanpa Pengacara

Beberapa orang memilih mengambil keputusan untuk mengakhiri pernikahannya melalui perceraian. Tentunya keputusan tersebut bukanlah perkara yang mudah, harus sudah terpikirkan secara matang dan mantap. Tak sedikit pasangan, bahkan mengurus perceraiannya sendiri. Cara mengurus perceraian sendiri memang sedikit rumit.

Kebanyakan orang memilih untuk menyewa pengacara maupun LBH di pengadilan, inilah salah satu cara mengurus surat cerai tanpa sidang. Namun anda juga dapat mengurusnya sendiri dengan mencari informasi lengkap. Secara umum, proses perceraian ini berlangsung kurang lebih 6 bulan paling maksimal pada tingkat pertama. Inilah beberapa cara mengurus perceraian sendiri yaitu sebagai berikut :

Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan untuk Proses Perceraian

Secara umum, anda harus menyiapkan beberapa berkas dokumen yang dibutuhkan untuk proses perceraian anda terlebih dahulu seperti :

  • Surat nikah asli dan fotocopynya 2 lembar bermaterai dan dilegalisir
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk dari penggugat
  • Bagi yang tidak mampu, dapat mencari surat keterangan di Kelurahan
  • Fotocopy Kartu Keluarga 
  • Fotocopy Akta Kelahiran anak (jika memiliki) dan dilegalisir

Apabila ingin menggugat harta milik bersama, terdapat beberapa tambahan berkas yang disiapkan dan dilengkapi. Seperti sertifikat tanah, surat Kepemilikan Kendaraan Bermotor baik BPKB maupun STNK dan dokumen lainnya.

Menceritakan Fakta Kejadian Beserta Alasan Permohonan

Gugatan sendiri dapat diajukan oleh pihak istri maupun suami. Apabila anda yang mengurus surat perceraian ini maka anda bertindak sebagai penggugat, dimana anda akan diarahkan untuk menuliskan fakta kejadian dan alasan permohonan perceraian tersebut. Cerita tersebut harus berdasarkan fakta sebenarnya, dibuat jelas dan detail.

Membuat Surat Gugatan Cerai

Cara mengurus perceraian sendiri selanjutnya yaitu membuat surat gugatan cerai. Surat ini meliputi identitas dari penggugat dan tergugat, alasan mengajukan permohonan gugatan, permohonan apa saja yang diajukan yang disebut dengan petitum. Istilah ini merupakan tuntutan yang diminta oleh penggugat agar dapat dikabulkan oleh hakim.

Menyiapkan Biaya yang Dibutuhkan untuk Perceraian

Biaya perceraian ini tentunya akan dibebankan oleh penggugat atau pembuat permohonan cerai. Mulai dari biaya proses (ATK), biaya pendaftaran, biaya redaksi, biaya panggilan sidang maupun materai. Tentunya mengurus perceraian sendiri sedikit lebih rumit, namun biayanya juga lebih murah. 

Umumnya untuk mendaftarkan gugatan perkara ini dikenakan biaya sekitar 500-700 ribu, namun hal ini juga masih berbeda-beda antar pengadilan. Anda bisa mendaftarkan ke Pengadilan Agama maupun Pengadilan negeri. 

Mengikuti Alur Proses Perceraian dari Pengadilan

Cara mengurus perceraian sendiri ini akan mudah, setelah seluruh berkas sudah dipersiapkan dan didaftarkan, maka pihak pengadilan akan mengirimkan surat panggilan sidang pertama kepada tergugat. Sebelum sidang dilaksanakan, penggugat bisa menyiapkan beberapa saksi, agar dapat hadir saat sidang tersebut.

Mengurus Surat Gugatan Cerai Secara Online di Justika

Membuat surat gugatan cerai membutuhkan fokus dan waktu yang tidak mudah terutama ketika tengah menghadapi permasalahan perceraian. Untuk itu, ada baiknya anda menggunakan layanan hukum yang menyediakan jasa permohonan pembuatan surat gugatan cerai, salah satunya melalui Justika.

Dengan menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai melalui Justika, Anda akan dituntun menyampaikan alasan perceraian disertai dasar hukum agar dapat memberikan gambaran kepada hakim.

Empat langkah mudah menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai di Justika sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai dari web brower Anda
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu Anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu pembuatan surat gugatan cerai Anda

Konsultasikan Dahulu Jika Belum Yakin

Saat membahas mengenai perceraian, seringkali orang yang mengajukan terlalu tersulut emosinya sehingga tidak mampu berpikir dengan jernih. Untuk itu, disarankan bagi anda yang masih ragu terkait mengurus masalah perceraian agar berkonsultasi dahulu dengan konsultan hukum terpercaya.

Anda dapat berkonsultasi di Justika dengan mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi via Chat. Di sana Anda dapat menjelaskan dahulu detail permasalahan Anda dan konsultan hukum terpercaya akan memberi saran dan pendapat hukum untuk membantu penyelesaiannya.

Dengan begitu, Anda akan mendapat gambaran apakah perceraian itu diperlukan atau masih ada langkah lain yang dapat dilakukan.

Nah, itulah cara mengurus surat cerai yang harus Anda ketahui untuk melancarkan semua prosesnya. Akan tetapi saran kami adalah carilah jalan lain untuk berdamai khususnya Anda yang masih memiliki anak kecil. Akan tetapi, jika perceraian sudah menjadi jalan paling akhir, kami doakan semoga seluruh proses yang dilalui dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.



+23
Chat Konsultan Hukum