+23
Chat Konsultan Hukum
surat kuasa ahli waris taspen

Pencairan Dana Pensiun dengan Surat Kuasa Ahli Waris Taspen

Taspen merupakan Badan Usaha Milik Negara yang mengurusi asuransi di hari tua dan dana pensiun pegawai negeri. Pegawai negeri pada masa pensiun akan mendapatkan dana pensiun dan tunjangan hari tua. Apabila pencairan dana dilakukan oleh ahli waris maka harus ada surat kuasa ahli waris Taspen.

Penulisan Surat Kuasa Ahli Waris

Untuk pengajuan dana pensiun oleh ahli waris maka harus melampirkan surat kuasa ahli waris taspen. Surat kuasa atau formulir ini tidak harus dibuat sendiri oleh ahli waris. Ahli waris dapat mengunduh surat kuasa secara online pada website Taspen.

Isikan saja berbagai datanya dengan benar dan tepat. Tentu saja harus jujur agar tidak terkena masalah di kemudian hari. Biasanya jika ahli waris hanya satu orang formulir juga akan berbeda jika jumlah ahli waris lebih dari satu orang.

Dokumen lain untuk mendukung pengajuan klaim tersedia pada website Taspen. Sehingga tidak perlu membuat sendiri atau mengurus di pihak lain seperti surat keterangan waris notaris. Pengurusan klaim juga akan lebih mudah dan cepat. 

Pihak yang menandatangani surat tersebut adalah para ahli waris dan kepala desa setempat dengan stempel dinas. Tulis dengan jelas agar mudah untuk membaca saat pemeriksaan oleh pihak Taspen.

Cara Klaim oleh Ahli Waris

Jika surat kuasa ahli waris taspen dan data lain sudah siap maka langkah selanjutnya untuk melakukan klaim adalah sebagai berikut.

  1. Membawa dokumen lengkap dan menyerahkan ke kantor Taspen pusat maupun cabang. Atau bisa dengan mengirimkan berkas-berkas tersebut melalui jasa ekspedisi.
  2. Menunggu proses pemeriksaan oleh pihak Taspen dalam beberapa waktu.
  3. Akan ada pemberitahuan apakah klaim berhasil atau tidak.
    • Pemberitahuan melalui SMS berarti klaim berhasil.
    • Pemberitahuan melalui telepon atau email berarti ada penundaan klaim.
    • Pemberitahuan melalui email atau surat resmi dari Taspen berarti ada penolakan klaim.
  4. Apabila klaim berhasil maka ahli waris akan mendapatkan pembayaran melalui rekening aktif penerima manfaat.

Manfaat Taspen

Ada 4 manfaat Taspen yang bisa menjamin kehidupan pegawai negeri di masa tua.

  1. Program pensiun
    • Merupakan pemberian dana bagi pegawai negeri atau keluarganya sesuai ketentuan yang ada ketika sudah memasuki masa pensiun. Pemberian dana mulai dari setelah pensiun, secara bulanan, hingga 4 bulan setelah pensiunan meninggal. 
  2. Tabungan hari tua
    • Tabungan hari tua memberikan dua perlindungan yaitu ketika pegawai masih hidup dan ketika pegawai sudah meninggal dunia pada masa pertanggungan. Tabungan ini juga berguna sebagai asuransi kematian.
  3. Jaminan kematian
    • Jaminan kematian akan memberikan perlindungan atas meninggalnya pegawai di luar urusan pekerjaan. Ahli waris akan mendapatkan dana jaminan kematian dengan turut melampirkan surat kuasa ahli waris taspen.
  4. Jaminan kecelakaan kerja
    • Jaminan kecelakaan kerja memberikan perlindungan secara finansial selama perawatan hingga sembuh. Selain itu jika pegawai meninggal karena kecelakaan kerja akan mendapatkan santunan.

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.



+23
Chat Konsultan Hukum