+23
Chat Konsultan Hukum
3-cara-mengurus-surat-cerai-tanpa-sidang

Urus Cerai Tanpa Sidang? Siapkan Biaya Sewa Pengacara Perceraian

Pasangan yang sudah tidak bisa mempertahankan rumah tangganya tentu akan lebih memilih perceraian sebagai jalan tengah. Meski perceraian bukanlah jalan terbaik dan tidak diinginkan oleh semua orang namun terkadang inilah satu-satunya yang bisa dilakukan untuk saling menjaga. Banyak orang rela mengeluarkan biaya sewa pengacara perceraian agar perceraian bisa berjalan dengan lebih cepat.

Perceraian Tanpa Sidang

Mengurus perceraian sebenarnya bisa dilakukan tanpa melakukan persidangan. Cara mengurus surat cerai tanpa sidang tentunya membutuhkan biaya yang lebih banyak. Ini karena Anda harus menggunakan jasa pengacara untuk mewakili anda dalam proses perceraian.

Perceraian tanpa sidang juga telah diatur dalam undang-undang sehingga boleh saja dilakukan. Mengingat waktu serta tenaga yang dibutuhkan untuk menghadiri sidang cerai mulai dari mediasi hingga terbitnya akta cerai tidaklah sedikit maka banyak orang memilih bercerai tanpa sidang.

Perceraian tanpa sidang akan diwakili oleh pengacara. Pengacara akan mengurus semua dokumen yang diperlukan hingga menghadiri sidang. Sebagai orang menggunakan jasanya anda hanya tinggal menunggu akta cerai diterbitkan. Karena ada banyak hal yang harus dilakukan oleh pengacara saat mengurus perceraian, maka ada biaya sewa pengacara perceraian.

Besaran Biaya Sewa Pengacara Perceraian

Biaya untuk sewa pengacara perceraian bisa bervariasi. Besaran biayanya tentu tergantung dari siapa pengajaran yang digunakan serta berada di wilayah mana. Untuk itu tidak ada ukuran arti berapa biaya sewa pengacara yang perlu disiapkan saat mengurus perceraian menggunakan pengacara. Umumnya untuk wilayah Jakarta Anda perlu mempersiapkan uang sekitar 10 hingga 60 juta.

Biaya ini sudah termasuk akomodasi, biaya pembuatan surat serta biaya lainnya seperti biaya sidang. Jika dihitung itu sebenarnya pihaknya tidak tinggi juga mengingat banyak hal yang harus dilakukan. Terlebih Anda bisa menghemat waktu anda untuk menghadiri persidangan. 

Pengacara nantinya akan mengurus segala hal yang berkaitan dengan proses persidangan cerai hingga diterbitkannya akta cerai. Anda sebagai klien hanya perlu menunggu saja dan biasanya proses perceraian dan pasti dan ini bisa berlangsung lebih cepat dibanding proses perceraian biasa. 

Selain harus membayar biaya sewa pengacara, Anda juga harus mempersiapkan biaya panjar perkara. Biaya untuk panjar perkara ini juga bervariasi namun biasanya tidak lebih dari 100 ribu rupiah. Terkadang biaya panjar ini sudah masuk ke dalam biaya sewa pengacara atau fee pengacara. Biaya sewa pengacara perceraian bisa dibayarkan setiap kali sedang dilakukan atau secara lump sum. Kembali kepada kesepakatan awal anda dengan pihak atau tim pengacara yang mengurus perceraian anda. Biasanya  mengenai metode pembayaran ini akan dibayarkan di awal sesuai dengan kemampuan dari pihak klien. Jadi untuk mengurus perceraian tanpa sidang bisa sekali dilakukan dengan menggunakan jasa pengacara.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.



+23
Chat Konsultan Hukum