+23
Chat Konsultan Hukum
cara-lapor-penipuan-online

Cara Lapor Penipuan Online dan Modifikasi Tipuan yang Digunakan

Ada banyak korban penipuan yang terlanjut mengirimkan sejumlah uang ke pihak penipu. Alih-alih Anda mendapatkan keterangan yang baik malahan mendapatkan berita buruk sembari uang hilang. Berikut contoh modifikasi tipuan dan Cara lapor penipuan online dengan:

Modifikasi Tipuan

  1. Kasus pertama

Penipu mengirimkan sms berhadiah ke nomor Anda, hadiah yang ditawarkan cukup menggiurkan. Biasanya nomor instansi yang mengaku adalah nomor kantor bisa Anda blokir terlebih dahulu. Penipu juga memegang ponsel untuk menelepon Anda berkali-kali dengan cukup memaksa agar mengambil hadiah yang dikirimkan. 

  1. Kasus kedua  

Penipu akan mengaku bahwa saudara Anda sedang mengalami kecelakaan dan dia berpura-pura sebagai polisi lalu lintas. Jika demikian adanya, jangan panik dan segera tutup telepon. Anda cek kebenaran dari telepon tersebut, Anda juga bisa meminta penipu untuk mengirimkan alamat beserta foto riil jika memang terjadi kecelakaan. 

  1. Kasus ketiga

Penipu tahu silsilah keluarga hingga hubungan saudara Anda. Kemungkinan dia tahu karena orang terdekat di lingkungan atau bertanya kepada pihak saudara Anda dan mencatat. Penipu juga akting bahwa dia sedang mengalami pelanggaran tilang, terjebak macet, atau sedang ditahan karena tabrak lari. 

  1. Kasus keempat 

Mengaku sebagai karyawan bank dengan menawarkan produk layanan bank seperti kartu kredit, kartu atm, pembukaan rekening baru dan sebagainya. Ingat!

Pihak bank tidak akan meminta Anda untuk menyetorkan uang di luar jam layanan, jika saat ini korona dan mengharuskan sistem secara online maka pihak bank akan melakukan video call, website resmi. 

Cara Lapor 

Jika Anda mendapati gangguan nomor asing dan curiga bahwa itu tipuan, bisa memblokir nomor tersebut dengan aplikasi blokir telepon. Saat telepon asing masuk dan tidak jelas, lakukan dengan cara lapor penipuan online lewat blokir telepon. 

Cara melaporkan penipuan online kedua, dengan www.layanan.kominfo.go.id yang akan membantu Anda lewat chat resmi. Anda cukup log in kemudian mengisi data Anda sebagai pelapor, serta kolom aduan jenis tipuan. Lanjutkan dengan obrolan chat. Saat pihak admin chat merespon keluhan Anda nantinya akan ditindaklanjuti dalam waktu 1×24 jam. 

Cara Terhindar dari Tipu Muslihat Penipuan

Jika Anda mendapati nomor ponsel reguler yang menawarkan keterangan hadiah lakukan dengan cara lapor penipuan online situs lapor.go.id. Namun jika Anda mendapat telepon yang mengaku saudara, lakukan video call, penipu enggan untuk menuruti keinginan Anda. Waspada karena mereka tahu dengan semua identitas Anda. Jangan menyebar informasi Anda di medsos karena bisa disalahgunakan untuk tipuan. Konfirmasikan ke semua nomor terdekat Anda seperti nomor saudara, atau jika Anda ada teman polisi segera adukan. 

Penipu akan terus memaksa Anda untuk menyetorkan sejumlah uang, Anda juga jangan mau jika penipu mengaku saudara meminjam uang. Anda bisa bilang kalau tidak ada uang, kendati rasa tidak enak pasti ada.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.



+23
Chat Konsultan Hukum