+23
Chat Konsultan Hukum
cara-melaporkan-penipuan-transfer-bank

Cara Melaporkan Penipuan Transfer Bank, Mudah Tanpa Ribet

Saat ini berbagai modus penipuan online marak dijumpai khususnya di media sosial, penipuan berkedok transfer bank merupakan salah satu jenis yang seringkali dijumpai di masyarakat. Jika Anda mengalami hal ini ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk melaporkan penipuan tersebut, berikut cara melaporkan penipuan transfer bank, antara lain:

  1. Menggunakan cekrekening.id

Cara melaporkan penipuan online berkedok transfer bank yang pertama adalah dengan memanfaatkan website cekrekening.id, dengan menggunakan website cekrekening.id Anda dapat memeriksa kredibilitas dari rekening tersebut. Website cekrekening.id menyediakan informasi mengenai sejarah pelaporan terkait kasus penipuan yang mungkin pernah dilakukan oleh pemilik rekening tersebut. Adapun cara untuk melaporkannya melaporkannya menggunakan website ini, mula-mula Anda harus memasukkan nama bank dan nomor rekening dari sang penipu, kemudian centanglah re-captcha dan klik tombol “periksa rekening”, untuk melaporkannya Anda dapat mengklik tombol “Laporkan Rekening Ini”.

  1. Menggunakan Lapor.go.id

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk melaporkan penipuan transfer bank adalah dengan menggunakan situs Lapor.go.id, Anda dapat membuat pengaduan dengan mengisi formulir pengaduan yang tersedia dalam situs tersebut, adapun tahap pelaporan ini terdiri dari beberapa proses, yang pertama proses penulisan laporan, setelah laporan tersebut ditulis dan dikirimkan melalui situs ini maka akan dilakukan proses verifikasi, jika laporan tersebut valid maka selanjutnya akan dilakukan proses tindak lanjut, kemudian proses terakhir adalah proses pemberian tanggapan. Berikut merupakan cara melaporkan penipuan transfer bank menggunakan Lapor.go.id: mula-mula bukalah situs Lapor.go.id, kemudian masuk ke kategori pelaporan dan pilih “pengaduan”, setelah itu tulislah judul pelaporan dan detail kejadian penipuan secara rinci, lalu pilih tanggal dan lokasi kejadian serta instansi tujuan yang berkaitan dengan pengaduan Anda, selanjutnya pilihlah kategori “tindak pidana” dan unggah berkas yang ingin dilampirkan, terakhir pilih kategori pengadu dan klik Lapor!, setelah itu isilah data diri dan lengkapi semua persyaratan yang diajukan, nah laporan pengaduan penipuan transfer bank pun akan segera diproses.

  1. Memblokir Rekening Bank

Melakukan pemblokiran rekening bank menjadi salah satu cara lapor penipuan transfer bank yang dapat Anda coba, untuk melakukan hal ini pertama Anda harus terlebih dahulu mendatangi kantor cabang dari bank yang digunakan oleh penipu atau bisa juga dengan menghubungi cutomer service dari bank tersebut via telepon. Jika Anda memiliki bukti konkret dari penipuan tersebut atau bahkan jika jumlah laporan yang dilayangkan pada rekening tersebut cukup banyak maka pihak bank akan melakukan pemblokiran nomor rekening dan memprosesnya ke pihak berwajib.Nah, itulah ulasan mengenai cara melaporkan penipuan transfer bank yang dapat Anda coba, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat ya untuk Anda.

Menggunakan Layanan Justika untuk Permasalahan Hukum Terkait Penipuan

Justika sebagai Platform Konsultasi Hukum secara online, siap membantu mengatasi permasalahan hukum Anda terkait dengan penipuan.

Layanan Konsultasi Chat

Demi mendalami posisi Anda lebih jauh, ada baiknya Anda berdiskusi serta berkonsultasi dengan ahli di bidang hukum, yakni Advokat. Hal ini agar Anda tidak terlanjur mengambil langkah yang salah.

Anda dapat menggunakan Layanan Konsultasi Chat Justika untuk berkonsultasi hukum dengan metode yang mudah dan harga yang terjangkau dengan langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi website justika.com
  2. Ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat
  3. Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia
  4. Dan, dalam 5 menit sistem akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan Anda? Jangan khawatir sebab Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Melalui layanan ini, Anda dapat mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.



+23
Chat Konsultan Hukum